Blog Listing

Apa sih arti tabayyun?

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh.
Pada zaman modern ini teknologi membuat kita semakin mudah mendapat informasi, sebagai pengguna media sosial pasti ada keinginan untuk membagikan informasi informasi yang menarik menurut kita. Apakah semua informasi yang menurut kita menarik boleh dibagikan

Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,
كَفَى بِالْمَرْءِ كَذِبًا أَنْ يُحَدِّثَ بِكُلِّ مَا سَمِعَ
”Cukuplah seseorang dikatakan berdusta, jika ia menceritakan setiap yang dia dengar.” (HR. Muslim).

Lalu bagaimana agar kita tidak langsung mempercayai informasi yang kita dapatkan
يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِن جَآءَكُمۡ فَاسِقُۢ بِنَبَإٖ فَتَبَيَّنُوٓاْ أَن تُصِيبُواْ قَوۡمَۢا بِجَهَٰلَةٖ فَتُصۡبِحُواْ عَلَىٰ مَا فَعَلۡتُمۡ نَٰدِمِينَ ٦
“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasiq membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al-Hujurot[49]6)
Ibnu Katsir rahimahullah dalam Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim berkata, “Allah Ta’ala memerintahkan untuk melakukan kroscek terhadap berita dari orang fasik. Karena boleh jadi berita yang tersebar adalah berita dusta atau keliru.”

Pada ayat di atas kita jumpai kalimat fatabayyanuu diterjemahkan dengan “periksalah dengan teliti”. Maksudnya telitilah berita itu dengan cermat, dengan pelan-pelan, dengan lembut, tidak tergesa-gesa menghukumi perkara dan tidak meremehkan urusan, sehingga benar-benar menghasilkan keputusan yang benar. Hendaknya meneliti berita yang datang kepadamu sebelum kamu beritakan, sebelum kamu kerjakan dan sebelum kamu menghukumi orang. (Baca Tafsiru Ayatil Ahkam 1226, Fathul Qodir 710)

Cara yang dapat kita lakukan untuk mengkroscek informasi misalnya
– Untuk informasi tentang kesehatan tanyakanlah kepada dokter yang sesuai.
– Untuk informasi tentang IT tanyakanlah kepada orang yang ahli di bidang IT
– Untuk informasi yang berbau fitnah tanyakan langsung kepada orang yang bersangkutan, dll.
Semoga Allah menjadikan kita terhindar dari sifat pendusta.



Leave a Reply

1 × 4 =