Keutamaan Sholat Malam

Keutamaan Sholat Malam

Assalamualaikum wr. wb, kayfu haaluk ya ashabi ? kheir aja kan. Ahlan wa sahlan dalam poster dakwah ringan.
Pada kesempatan ini mimin akan menyampaikan tentang sebuah amalan yang sangat dianjurkan oleh Rosululloh SAW.
Yuk silahkan dibaca postingan ini !

Dalam sejarah disebutkan kejayaan umat islam sangat luas bahkan sampai menuju benua Eropa. Siapa sangka salah satu dari panglima perang saat itu adalah seorang pemuda berusia 21 tahun yang sangat sholeh, hebat, tawadhu’, yang bernama Sultan Muhammad Al Fatih.
Beliau merupakan seorang sultan Turki Utsmani yang menaklukkan Kekaisaran Romawi Timur dan mempunyai kepakaran dalam bidang ketentaraan, sains, matematika, serta menguasai 6 bahasa. Kejayaannya dalam menaklukkan Konstantinopel menyebabkan banyak kawan dan lawan kagum dengan kepimpinannya strategi peperangannya yang dikatakan mendahului pada zamannya dan juga kaedah pemilihan tenteranya.
Kejayaan dan kesuksesan hidup ia telah raih di usia yang begitu muda. Ia-pun dikenang jutaan manusia sepanjang abad. Harum nama Sultan Al Fatih diperoleh berkat keshalehan, keberanian dan kemuliaan akhlaknya. Sebagai jenderal beliau memimpin laskar islam menaklukkan benteng terkuat imperium Byzantium , Konstantinopel. Kota ini diubahnya menjadi kota Istambul. Dari sini beliau menebarkan kasih sayang islam di bumi eropa.
Apa rahasia dibalik semua kesuksesan beliau? Ternyata rahasianya beliau sangat kuat shalat malamnya yaitu tahajud. Bukankah Rasulullah saw SAW menegakkan shalat tahajud sepanjang malam dan setiap hari? Bukankah beliau Rasulullah saw SAW shalat tahajud merupakan kewajiban yang tak bisa beliau tinggalkan dalam setiap perjuanganya.

Di dalam hadits telah disebutkan :
كان النبي صلى الله عليه و سلم يصلي حتى تفطر قدماه و ترم سقاه، فيقال له : أتفعل ذلك و قد غفر لك ما تقدم من ذنبك وما تأخر؟ فيقول : أفلا أكون عبدا شكورا
Nabi-shallallahu ‘alaihi wa sallam- biasa sholat hingga kedua telapak kaki dan betis beliau bengkak. Lantas seorang sahabat bertanya kepada beliau, ” Mengapa anda mengerjakan yang demikian? Bukankah dosa anda yang telah lalu maupun yang akan datang telah diampuni?”. Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam-bersabda, “Tidakkah sudah sepatutnya aku menjadi hamba yang bersyukur.” (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasa’i).

Hukum, Waktu dan Jumlah Rokaat Sholat Malam

Hukum sholat malam adalah sunah muakkad. Waktunya adalah setelah sholat ‘isya sampai dengan sebelum waktu sholat shubuh. Akan tetapi, waktu yang paling utama adalah sepertiga malam yang terakhir dan boleh dikerjakan sesudah tidur ataupun sebelumnya.

Sedangkan jumlah rokaatnya paling sedikit adalah 1 rokaat berdasarkan sabda Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam, “Sholat malam adalah 2 rokaat (salam) 2 rokaat (salam), apabila salah seorang di antara kamu khawatir akan datangnya waktu shubuh maka hendaklah dia sholat 1 rokaat sebagai witir baginya.” (HR. Bukhori dan Muslim). Dan paling banyak adalah 11 rokaat berdasarkan perkataan ‘Aisyah radhiyallohu ‘anha, “Tidaklah Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam sholat malam di bulan romadhon atau pun bulan yang lainnya lebih dari 11 rokaat.” (HR. Bukhori dan Muslim), walaupun mayoritas ulama menyatakan tidak ada batasan dalam jumlah rokaatnya. (muslim.or.id)

Berikut ini mimin akan sampaikan beberapa keutamaan sholat malam :
1. Penyebab masuk surga.
2. Menaikkan derajat saat di surga.
3. Penghapus dosa dan kesalahan.
4. Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu.
5. Kemuliaan orang beriman adalah dengan sholat malam.

Itulah sepenggal sejarah tentang kehebatan sholat malam dan bahkan Rosululloh pun sangat menganjurkan untuk menunaikan ibadah ini. Oleh karena itu sebaiknya kita harus mulai mencoba mengistiqomahkan dalam mengerjakan sholat malam ini agar kita mendapat semua keutamaaan dan menjadi lebih dekat dengan Sang Pencipta.
Yuk dimulai sholat malamnya..



Leave a Reply

seventeen − 2 =