Spesialnya Ibu

Spesialnya Seorang Ibu

hari-ibu-22-desember-2016

“Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548)

Mengapa seorang ibu begitu spesial kedudukannya dalam Islam? 😃
Imam Al-Qurthubi menjelaskan, “Hadits tersebut menunjukkan bahwa kecintaan dan kasih sayang terhadap seorang ibu, harus tiga kali lipat besarnya dibandingkan terhadap seorang ayah. Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menyebutkan kata ibu sebanyak tiga kali, sementara kata ayah hanya satu kali. Bila hal itu sudah kita mengerti, realitas lain bisa menguatkan pengertian tersebut. Karena kesulitan dalam menghadapi masa hamil, kesulitan ketika melahirkan, dan kesulitan pada saat menyusui dan merawat anak, hanya dialami oleh seorang ibu. Ketiga bentuk kehormatan itu hanya dimiliki oleh seorang ibu, seorang ayah tidak memilikinya.

Berbakti dan muliakanlah Ibumu setiap waktu, dan bukan hanya setahun sekali.
Ukhti, bagaimana dengan kalian?
Sudahkah bersiap menjadi ibu yang baik sebaik ibu kalian? 👑
Sudahkah memperdalam ilmu agamamu, supaya kelak jika anakmu bertanya, kamu dapat menjawabnya dengan bangga dan percaya diri?
Sudahkah memperbaiki diri, agar kelak anakmu dapat memandangmu sebagai contoh dan suri tauladan yang baik?

📕Ingatlah, wanita berpendidikan tinggi bukanlah hanya untuk menyaingi laki-laki ataupun mencari pekerjaan, tetapi agar kelak ia menjadi madrasah (sekolah) terbaik bagi anak-anaknya.
Secantik apapun kamu saat ini, tidak ada manfaatnya bagi anakmu nanti. Anak membutuhkan ibu yang sholehah nan tinggi pendidikannya, bukan hanya cantik fisiknya, tetapi cantik akhlak dan perilakunya 💎



Leave a Reply

20 − 10 =